Selasa, 22 Maret 2011

Usaha Lokal di Jogjakarta

Kerajinan Tangan Imogiri Yogyakarta

Yogyakarta dikenal dengan seni dan budaya yang bernilai tinggi. Beraneka ragam hasil kerajinan tangan (handicraft) tersebar dari wilayah kota hingga wilayah-wilayah di pedesaan. Untuk Kerajinan Perak misalnya misalnya kita mengenal Kotagede sebagai pusatnya, atau untuk melihat berbagai karya seni dan kerajinan tangan kita bisa mengunjungi kawasan Malioboro. Bagi anda yang bertempat tinggal jauh dari Yogyakarta mungkin belum mengenal Desa Tilaman, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Desa yang terletak di sebelah selatan arah Kota Yogyakarta. Di desa tersebut terdapat Sentra kerajinan tangan (Handicraft) untuk dekorasi rumah dan aneka kerajinan lainnya dengan nilai seni dan kualitas yang tinggi. Unit Usaha yang diberi nama Art Of Java dimotori oleh anak muda yang berkeinginan untuk memperkenalkan karya seni dan handicraft Imogiri ke dunia luas.

Produk-produk kerajinan tangan yang telah diproduksi oleh Art Of Java Meliputi dekorasi rumah, furniture, Handbags, Jewelry dan berbagai macam Asesoris Garden.

Hasil kerajinan Dekorasi rumah

Kerajinan Tangan Dekorasi rumah terbuat dari berbagai macam bahan yang menghasilkan hiasan dengan seni dan keindahan untuk rumah. Bahan-bahan kerajinan tangan dekorasi rumah antara lain :
- kerajinan kayu.
- kerajinan tembaga.
- kerajinan batu.
-kerajinan tanah liat.
- kerajinan kuningan.
-kerajinan kulit.
-kerajinan kaca.
-kerajinan fiber.



Furniture
Berbagai macam bentuk dan ragam Furniture sebagai hasil kerajinan tangan tersedia pada gerai Art Of Java, dengan bahan-bahan :
- Furniture kayu
- Furniture rotan
- Furnitur bambu

Vases Dan berbagai macam hasil kreasi dari tanah liat

Hasil kerajinan tangan dari bahan tanah liat menjadi bentuk vase dan produk lainnya.

Garden
- Kerajinan pahat patu putih
- Kerajinan patung kayu,
- Kerajinan patung,
- Kerajinan fiberglass),
- Tile ( kerajinan batu pualam, kerajinan batu marmer dsb)


Miscelaneous - kerajinan keris,
- kerajinan kulit,
- kerajinan mainan kayu

Menurut Nya kerajinan tangan imogiri jogjakarta ini perbulan mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah, hal ini jelas sangat membantu perekonomian masyarakat setempat, karena sebagian besar pekerja dan pengrajin berasal dari dusun itu sendiri. Sebagian dari mereka mulai belajar mengrajin sejak kecil, sehingga kebanyakan dari masyarakat setempat memilih untuk mengrajin daripada melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, karena hasilnya juga sangat bisa membantu perekonomian.


 

2 komentar:

  1. Ada info gak sob untuk rumah dijual yang deket2 tempat kerajinan gitu. biar bisa belajar jadi pengrajin hehehe

    BalasHapus
  2. klo untuk sekarang blom ada gan...
    ntr klo ada tak informasikn_

    mau jadi prngrajin po..

    BalasHapus